Jul 3, 2008

KONSEP CSR

Philip Kotler dan Nancy Lee dalam bukunya Corporate Social Responsibility (Oxford: John Wiley & Sons, 2005) menyatakan bahwa ada 6 (enam) bentuk program bagi suatu perusahaan untuk melakukan inisiatif & aktifitas yang berkaitan dengan berbagai masalah sosial & lingkungan serta sekaligus sebagai wujud komitmen & tanggung jawab perusahaan untuk membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran & menghapuskan kemiskinan. 6 (enam) program tersebut adalah:

1. CAUSE PROMOTION

Dalam bentuk memberikan kontribusi dana atau penggalangan dana untuk meningkatkan kesadaran akan masalah-masalah tertentu.

2. CAUSE RELATED MARKETING

Bentuk kontribusi perusahaan yang menyisihkan sepersekian persen dari pendapatan untuk kepentingan donasi bagi masalah sosial tertentu atau produk tertentu.

3. CORPORATE SOCIAL MARKETING

Perusahaan membantu pengembangan maupun implementasi dari kampanye dengan fokus untuk megubah perilaku tertentu yang mempunyai pengaruh negatif.

4. CORPORATE PHILANTROPY

Inisiatif perusahaan dengan memberikan kontribusi langsung kepada suatu aktifitas amal, lebih sering dalam bentuk donasi ataupun sumbangan tunai.

5. COMMUNITY VOLUNTEERING

Perusahaan memberikan bantuan dan mendorong karyawan serta mitra usahanya untuk secara suka rela terlibat dan membantu masyarakat setempat.

6. SOCIALLY RESPONSIBLE BUSINESS PRACTICES

Inisiatif dimana perusahaan mengadopsi dan melakukan politik bisnis tertentu serta inisiatif yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas komunitas dan melindungi lingkungan.


Demikian, semoga menginspirasi.

No comments: